PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY DALAM MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENULIS SISWA KELAS VII/A MTsN TARAKAN

Abstract

Tujuan yang diharapkan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menulis siswa kelas VII/A MTsN Tarakan tahun pembelajaran 2020/2021 setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran model Learning Community (masyarakat belajar). Obyek penelitian ini adalah aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan yang di gunakan sebanyak dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil aktivitas dan nilai belajar siswa kelas VII/A MTsN Tarakan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil aktivitas siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II adalah 50.5%, 70.4% dan 88.0%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai pra siklus (72.1) ke siklus I (78.1) dan siklus II (83.2) dari 36 siswa atau sebanyak 100 % siswa telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75.0. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Learning Community pada materi menulis jati diri pembelajaran Bahasa Inggris bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII/A MTsN Tarakan tahun pembelajaran 2020/2021.