PENGARUH GAME HIDE A WORD TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA

Abstract

Dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa agar lebih terampil menggunakan bahasa yang sedang dipelajari, sering kali game menjadi salah satu pilihannya. Ada ratusan game yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Secara alamiah, kebanyakan siswa menyukai game dalam dunia mereka, salah satunya adalah Game Hide a Word. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah Game Hide a Word dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa D3MI2 AMIK Dian Cipta Cendikia yang berjumlah 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game Hide a Word berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan berbicara mahasiswa, terutama pada komponen accuracy dan fluency. Yang  mencakup ketepatan kalimat yang dibuat oleh mahasiswa dan kelancaran mahasiswa dalam menyampaikan kalimat secara lisan.