PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MEDIA PUZZLE KAUSALITAS BERBANTUAN VIDEO

Abstract

Hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 3 Ambarawa semester I tahun pelajaran 2019/2020 masih belum seperti yang diharapkan. Salah satu satu solusi yang diharapkan adalah pembelajaran menggunakan media puzzle kausalitas berbantuan video. Penelitian ini ingin mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran menulis menggunakan puzzle kausalitas berbantuan video yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi menulis dan perilaku peserta didik. Teknik pembelajaran ini melatih peserta didik menyusun teks setelah melihat tayangan video dan menyusun urutan kejadian melalui puzzle. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar unjuk kerja menulis teks eksplanasi mengalami kenaikan yang signifikan dari keadaan awal hingga siklus 2. Pada keadaan awal ketuntasan belajar menulis hanya 25,00% (8 peserta didik) dengan nilai rata-rata 65,82%, meningkat menjadi 90,63% (29 peserta didik) pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 79,10%. Perilaku peserta didik minimal baik pada keadaan awal hanya 43,75% (14 peserta didik) meningkat menjadi 81,25% (26 peserta didik), atau meningkat 85,71%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis menggunakan media puzzle kausalitas berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan sikap/perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran.