PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 TARAKAN

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran jarak jauh yang dilaksnakan di SMP Negeri 2 Tarakan dapat berjalan dengan baik, agar tujuan pendidikan bisa tercapai. Laporan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh  merupakan pelaporan hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PPKn kelas 9 di SMP Negeri 2 Tarakan, Kota Tarakan, Kalimantan Utara dalam hal bagaimana penerapan pembelajarannya, menggunakan kurikulum darurat selama pandemi Covid-19, alat dan media apa yang digunakan serta prestasi belajar siswanya Langkah-langkah Langkah seperti meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, Dari hasil pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya akan tetapi bisa diselesaikan dengan baik demi mencerdaskan perserta didik. Baik sistem pembelajaran daring dan luring diharapkan guru dapat kreatif dalam mendidik peserta didik, supaya keberhasilan pembelajaran bisa tercapai dengan baik atau efektif. Penulisan ini memberikan informasi bahwa guru sebenarnya lebih senang memilih pembelajaran luring di mana bisa berinteraksi langsung dengan siswa, dan juga siswa lebih menyukai pembelajaran luring melalui pembelajaran tatap muka. Karena pandemi Covid-19 masih tinggi maka pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan system daring masih menjadi pilihan alternatif yang terbaik demi keselamatan guru, warga sekolah dan peserta didik itu sendiri.