PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASKER SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang harus dilaksanakan di SD menuntut kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kendala dalam pembelajaran jarak jauh antara lain motivasi belajar rendah, sulitnya akses Internet, siswa tidak memiliki smarphone, serta orang tua tidak mampu mendampingi. Best practice ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masker terhadap peningkatan motivasi belajar IPA dalam pembelajaran jarak jauh. Subjek praktik baik ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 32. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan jurnal harian. Hasil peningkatan ditunjukan dengan rata-rata kehadiran dan aktivitas siswa pada minggu ke-1 50,4%, minggu ke-2 90,4%, dan minggun ke-3 100%. Dari hasil tersebut, penerapan pembelajaran berbasis masker mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh.