MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DAN PENGGUNAAN KOMIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING

Abstract

Belajar di masa pandemi covid-19 memberi dampak bagi peserta didik, diantaranya ialah penurunan motivasi belajar. Kondisi ini merupakan tantangan bagi guru, dan hal ini membuka pintu untuk menemukan solusi atas persoalan yang muncul. Salah satu upaya yang dilakukan ialah pembelajaran aktif dan penggunaan komik berbasis discovery learning. Metode penelitian ini disusun dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus. Data yang diperoleh dari studi literatur sebagai data sekunder, adapun data primer diperoleh dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penerapannya diperoleh hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan, berdasarkan hasil wawancara dan angket bahwa pembelajaran aktif dan penggunaan komik mendorong motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran aktif dan penggunaan komik yang diteliti dengan pendekatan kualitatif deskriptif dalam studi kasus mampu membangun motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim, Kota Batam.