PENGGUNAAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SD PADA MATA PELAJARAN PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 SD Negeri 2 Kalibagor Situbondo dengan penggunaan media pembelajaran puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana tiap siklusnya dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri 2 Kalibagor Situbondo semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 9 anak, 6 laki-laki dan 3 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran puzzle secara klasikal terjadi peningkatan dari 5 anak (56%) pada siklus 1 menjadi 8 anak (89%) pada siklus 2. Tingginya motivasi belajar siswa mempengaruhi peningkatan ketuntasan belajar siswa, yaitu dari 4 anak (44%) pada siklus 1 menjadi 8 anak (89%) pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 SD Negeri 2 Kalibagor Situbondo tahun pelajaran 2021/2022 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).