PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi  Akademik dan (b) aktivitas guru kelas dalam menggunakan media tekhnologi komunikasi informasi, digunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK Melalui Supervisi Akademik Pada Guru Kelas Madrasah Tsanawiyah 1 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  pada  siklus  1  yang  mencapai  nilai  119,  berada  pada  katagori  baik,  dan  hasil penilaian pada siklus kedua yang mencapai nilai 151, berada pada katagori sangat baik, dan (b) aktivitas guru dalam pelaksanaan pemebelajaran pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam proses pembelajaran selama  pada siklus kesatu yang mencapai nilai 30 atau tergolong baik, dan pada sikulus kedua mencapai nilai 36, yang berati tergolong sangat baik. Dimana hasil akhir yang diperoleh dari Siklus I skor 119 dan Siklus II skor 151 dalam penelitian ini dengan prosentase naik 25,8 % adanya peningkatan.