SUPERVISI INDIVIDUAL DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS DALAM MENYUSUN RPP DI MTsN 2 BUTON TENGAH SULAWESI TENGGARA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru kelas di MTsN 2 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan karena peneliti merasa kinerja guru masih cenderung tidak stabil. Hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain adalah rendahnya motivasi guru, dan kompetensi guru yang belum sepenuhnya dikuasai oleh semua guru. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pendampingan terhadap guru melalui supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Prosedur penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu Pererncanaan; Pelaksanaan; Observasi; dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan: 1) peningkatan presentase kinerja guru kelas MtsN 2 Buton Tengah dari refleksi awal 52,5%, setelah dilakukan tindakan siklus I naik menjadi 67,7%, dan pada tindakan siklus II menjadi 77,8%; 2) Supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru kelas di MTsN 2 Buton Tengah.