PERANAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH STUDI KASUS DI MI WIDADA KABUPATEN BLITAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Widada Kabupaten Blitar). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus dengan analisis data model interaktif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pengawas melakukan pembinaaan kualitas kompetensi manajerial kepala madrasah secara terencana dan berkelanjutan, 2) Pengawas memberikan pembinaan kualitas kompetensi manejerial hubungan masyarakat, dan 3) Pengawas memberikan pembinaan kepada kepala madrasah dan guru untuk meningkatkan integritas dan profesional dalam melaksanakan tugas fungsinya. Sedangkan rekomendasi dari penelitian ini, antara lain, yaitu: 1) Kepala madrasah secara terus agar meningkatkan kompetensi manajerialnya dalam mengelola semua sumberdaya untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat, (2) Kepala sekolah harus menjadi sosok tauladan tidak hanya bagi guru, juga kepada warga sekolah dan masyarakat, (3) Kepala Madrasah harus memiliki integritas yang tinggi dan profesional dalam menjalankan tugasnya.