MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBIMBINGAN MODEL “LIMA-SI”

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kenyataan bahwa kemampuan guru Gugus Sultan Agung dalam menyusun RPP sesuai kaidah masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pembimbingan dari pengawas sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti selaku pengawas melaksanakan kegiatan pembimbingan yang dikemas dalam bentuk penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pembimbingan dilakukan dengan model “Lima-si” yang terdiri dari kegiatan presentasi, diskusi, supervisi, konsultasi, dan evaluasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembimbingan, berapa besar peningkatan kemampuan guru menyusun RPP setelah pembimbingan dan ada tidaknya perubahan perilaku guru yang menyertai peningkatan kemampuannya menyusun RPP setelah pembimbingan. Pembimbingan dimulai dari kegiatan presentasi oleh peneliti tentang cara mengembangkan RPP sesuai Standar Proses, dilanjut kegiatan diskusi peserta menyusun RPP. Selanjutnya dilakukan supervisi yang ditindaklanjuti dengan konsultasi. Hasil konsultasi adalah perbaikan RPP buatan guru yang kemudian hasil perbaikan tersebut dievaluasi. Dengan melaksanakan pembimbingan tersebut dalam dua siklus, terbukti terdapat peningkatan kemampuan guru menyusun RPP sebesar 19,89%. Peningkatan kemampuan guru menyusun RPP tersebut juga diikuti perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Perubahan perilaku utamanya pada motivasi diri guru yang semakin kuat sebanding dengan motivasi peneliti untuk menyajikan yang terbaik dalam kegiatan pembimbingan