MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 19 KABUPATEN TEBO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun RPP melalui Supervisi akademik di SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dengan 4 (empat) kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 18 orang guru mata pelajaran di SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru mata pelajaran dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo. Hal ini dilihat dari kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata RPP yang dibuat oleh guru mata pelajaran juga mengalamin peningkatan yaitu pada siklus 1 rata- rata nilai 71,2 dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 82,5.