PENGELOLAAN SUPERVISI KLINIS PENGAWAS , PENDEKATAN “PAS” BAGI PENINGKATAN KINERJA GURU TIPE GURU (ANALYTICAL OBSERVER)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang supervisi klinis pengawas dengan pendekatan Persuasi, Analisis, Solusi (PAS) di masa pandemi covid-19 dalam pemecahan masalah guru Tipe (Analytical Observer ) di Madrasah binaan Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jenis Penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif dipergunakan dalam penelitian ini . Pengumpulan  data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan kuesioner (survey). Pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan bahwa data memenuhi kredibilitas. Sedangkan data dianalisis dengan mempergunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, bagaimana data disajikan dan apa kesimpulannya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi supervisi klinis masih dapat dilakukan di tengah pandemi covid-19 dengan memodifikasi teknik supervisi klinis. Dan pada akhirnya, supervisi klinis yang dilakukan dapat memberikan bimbingan dan motivasi bagi guru untuk memecahkan masalah kinerja dalam pembelajaran. Pendekatan PAS supervisi klinis pengawas mengedepankan proses kolaborasi kemitraan bukan mencari cari kesalahan guru, tetapi melalui diagnosis dan analisis dirinya sendiri (self eficacy) untuk menemukan dirinya sendiri, penerimaan diri atas kemampuannya sehingga timbul motivasi dalam dirinya dalam mencari solusi atas hambatan persoalan dalam pembelajarannya guna memperbaiki dirinya dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pembelajaran secara maksimal.