MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SENI BUDAYA DENGAN LKPD DIGITAL
Abstract
Pandemi yang sudah berlangsung lama mempengaruhi proses pembelajaran secara umum. Peraturan dan keputusan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh ( PJJ) menjadi salah satu tujuan meminimalisasi penyebaran virus Covid-19. Permasalahan demi permasalahn mulai muncul terkait dengan proses pembelajaran. Kondisi ini menuntut guru lebih inovatif dan kreatif memilih strategi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. LKPD digital menjadi alternatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa, respon serta efektivitas penggunaan LKPD digital pada mata pelajaran seni budaya. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan perumusan masalah, pengumpulan data, kesimpulan dan analisa hasil. Hasil penelitian menunjukakan adanya respon yang sangat tinggi pada penggunaan LKPD digital yaitu 80,6% dan motivasi belajar siswa meningkat berdasarkan hasil observasi dan survei yang dilakukan peneliti. LKPD digital dapat menjadi stimulus-stimulus yang merangsang rasa ketertarikan atau keingintahuan siswa sehingga dalam proses pembelajaran siswa menjadi lebih semangat dan termotivasi.