EFEKTIFITAS KONSELING TEKNIK KREATIF DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMAN 9 KOTA JAMBI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku Agresif siswa melalui Bimbingan Kelompok dengan Konseling Teknik Kreatif Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 9 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan Pre-eksperimental design, yaitu one-group pretest dan posttest. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 9 Kota Jambi dengan sampel berjumlah 35 siswa. Berdasaarkan hasil skor angket skala perilaku Agresif diambil sampel 6 orang siswa yang memiliki skor tertinggi dan 2 orang siswa skor rendah untuk diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik konseling kreatif. Setelah itu akan dibandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan analisis maka diperoleh data bahwa tingkat perilaku Agresif siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan konseling teknik kreatif rata-rata 230 (61%). Perubahan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan konseling teknik kreatif mengalami peningkatan sebanyak skor -63 (19%). Hasil perhitungan uji Wilcoxon pada data keseluruhan siswa, diperoleh hasil bahwa nilai signifikasi (Sig). sebesar 0,012 kurang dari 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik konseling kreatif, atau dapat dikatakan bahwa ada pengaruh dari layanan bimbingan kelompok.