PENGARUH MINAT SISWA ATAS MEDIA BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP SPEAKING SKILL SISWA SMAN 2 KOTA JAMBI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat siswa atas media belajar dan penguasaan kosakata terhadap Speaking Skill bahasa Inggris siswa di SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan tingkat minat siswa atas media belajar dan penguasaan kosakata dengan Speaking skill bahasa Inggris siswa di SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Jumlah populasi 806 dengan responden dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan soal tes dengan bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan minat siswa atas media belajar dan penguasaan kosakata secara bersama–sama terhadap Speaking skill bahasa Inggris siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 14,160. Secara bersama-sama minat atas media belajar dan penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 33,2 % terhadap variabel Speaking skill siswa. 2) terdapat pengaruh yang signifikan minat atas media belajar terhadap Speaking skill bahasa Inggris siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,013 < 0,05 dan th = 2,578. Variabel minat atas media belajar memberikan kontribusi sebesar 14,32 % dalam meningkatkan Speaking skill bahasa Inggris. 3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap Speaking skill bahasa Inggris siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan th = 3,144. Variabel penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 18,90% dalam meningkatkan Speaking skill bahasa Inggris.