PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI INDUKSI MAGNETIK SISWA KELAS IXG SMPN 1 POGALAN
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXG SMPN 1 Pogalan dalam memahami materi Induksi magnetik melalui metode inkuiri. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan, dimana masing masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data hasil belajar siswa dalam memahami materi Induksi magnetik dikumpulkan dengan menggunakan alat tes tulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXG SMP Negeri 1 Pogalan, Trenggalek dalam materi induksi magnetik. Secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar siswa materi induksi magnetik dari siklus I sebesar 62,13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,33% ke siklus II nilai rata-rata sebesar 95,67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan pemahaman siswa dalam materi induksi magnetik sebesar 36,67%. Dengan demikian, penerapan Metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXG SMP Negeri 1 Pogalan Semester 2 Tahun Pelajaran 2019-2020.