UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA SMAN 9 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar geografi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery di kelas XII SMA Negeri 9 Kota Jambi. 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar geografi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery di kelas XII SMA Negeri 9 Kota Jambi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 SMA Negeri 9 Kota Jambi yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini Terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pertemuan ke-1 dan ke-2 merupakan pemberian materi dan pertemuan ke-3 adalah evaluasi akhir siklus. Motivasi penelitian ini menunjukkan 1) Rerata motivasi belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Guided Discovery adalah 40,67. Kemudian meningkat setelah penerapan model pembelajaran Guided Discovery pada siklus I sebesar 63,267 termasuk dalam kategori sedang, dan pada siklus II sebesar 75,33 juga termasuk dalam kategori sedang dengan persentase peningkatan 13,79%. 2) Motivasi observasi aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar juga terjadi peningkatan, pada siklus I pertemuan pertama sebesar 60,14% kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan kedua sebesar 68,88%. Pada siklus II pertemuan ke-1 sebesar 70,83% dan mengalami perubahan pada pertemuan ke-2 sebesar 78,47% termasuk dalam kategori “sangat aktif”.