PENERAPAN GENRE BASED APPROACH (GBA) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMPN 1 PANIMBANG
Abstract
Bahasa Inggris sebagai sebuah keterampilan harus dipelajari melalui tahapan yang jelas antara pemodalan, pemodelan dan latihan secara bertahap. Diperlukan suatu model pembelajaran Bahasa Inggris yang mampu memberikan pengalaman belajar tersebut. Tulisan ini betujuan untuk merefleksikan pembelajaran Bahasa Inggris dalam tema Comparing Things and Animals dengan menerapkan Genre Based Approach dengan Model Teaching Learning Cycles (TLC). Penelitian dilaksanakan di Kelas VIII F SMP 1 Panimbang, Banten dengan melibatkan 32 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan berbagai teknik yaitu observasi dan refleksi, penugasan dan tes, focus group discussion (FGD), dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Dari analisis data dan refleksi pembelajaran dapat disimpulkan bahwa (1) dengan penerapan GBA dengan Model TLC peserta didik memiliki pengalaman secara bertahap dari pemberian modal pengetahuan (concept building), model, dan serangkaian latihan baik secara berkelompok maupun individu; (2) penerapan GBA juga mampu mengakomodasi unsur 4C dalam Keterampilan Pembelajaran Abad 21; (3) terjadi peningkatan tingkat ketuntasan belajar dari 39,72% dengan rata-rata 60,28 sebelum pembelajaran menjadi 87,19% dengan rata-rata 81,67 sesudah pembelajaran; (4) kedua observer memberikan penilaian postif terhadap proses pembelajaran dengan penerapan GBA dengan Model TLC.