KORELASI MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOIOLOGI KELAS X IPS MAN 1 KOTA BANDUNG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang erat antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IPS Sosiologi kelas X MAN 1 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IPS Sosiologi kelas X MAN 1 Kota Bandung dan datanya adalah hasil penilaian tengah semester kelas sosial siswa kelas sosial Sosiologi MAN 1 Kota Bandung. Hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IPS MAN 1 Kota Bandung sangat tinggi, dengan rata-rata prestasi belajar sebesar 82,98. Berdasarkan hasil persentase motivasi intrinsik siswa kelas X IPS siswa kelas IPS Sosiologi MAN 1 Kota Bandung, dengan tingkat persentase 93,12% dan motivasi ekstrinsik tinggi, dengan persentase 80,49%. Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa kelas X IPS siswa kelas IPS Sosiologi di MAN 1 Kota Bandung dengan hubungan yang kuat dengan korelasi sebesar 0,736. Sedangkan sumbangan pengaruh motivasi dengan hasil belajar siswa sebesar 54,2% dan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor lain.