PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANTANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IX D SEMESTER II SMP NEGERI 1 TANJUNG, BREBES TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Abstract
Tujuan penelitian dengan menggunakan Model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran adalah untuk mengetahui keberhasilan kemampuan menulis teks tantangan dan perubahan aktivitas peserta didik melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rata-rata, dan persentase ketercapaian. Data kualitatif dianalisis dengan prosedur reduksi, paparan, dan simpulan. Hasil penelitan diperoleh (1) nilai rata-rata prasiklus 73 menjadi 82,86 pada siklus I dan 85,57 pada siklus II dengan ketuntasan 68,57%, 82,86%, dan 97,1% dan (2) perubahan aktivitas peserta didik yang semakin responsif, konsentrasi, antusias, aktif, dan lebih optimis.