STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) INOVASI DALAM PEMBELAJARAN VOKASI ERA MERDEKA BELAJAR ABAD 21
Abstract
Pendidikan indonesia masa kini dihadapakan berbagai masalah yaitu kualitas SDM yang dihasilkan dan Penggangguran tamatan. Pengangguran yang paling besar adalah lulusan SMK, berbagai macam dan cara dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu cara meningkatkan kualitas SDM dengan memberikan inovasi pada proses pembelajaran terutama pada bidang pembelajaran vokasi. Pembelajaran yang dapat diterapkan pada pendidikan vokasi adalah pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan lebih luas mengenai pembelajaran STEM sebagai pembaruan dalam proses pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Vokasi atau SMK. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur terhadap referensi-referensi dan hasil-hasil penelitian yang relevan, yang dilanjutkan dengan diskusi-diskusi kelompok. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pembelajaran STEM berhasil diterapkan di dalam maupun luar negeri; (2) Pembelajaran STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan menumbuhkan kreativitas siswa; (3) Pembelajaran STEM dapat guru menyiapkan pembelajaran yang lebih menarik dan menantang; (4) Pembelajaran STEM dapat diintegrasikan dengan beberapa model pembelajaran seperti Project Based Learnig, Problem Based Learning maupun model pembelajaran kooperatif; (5) Pembelajaran STEM membuat siswa menatap masa depan lebih maksimal; (6) Pembelajaran STEM sangat cocok digunakan pada pembelajaran abad 21; (7) Pemberlajaran STEM dapat diterapkan dalam Era Merdeka Belajar.