OPTIMALISASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN APLIKASI HALLO BK

Abstract

Layanan Bimbingan dan Konseling berbasis teknologi informasi sangatlah dibutuhkan terutama di zaman revolusi industri 4.0 sekarang ini. Apalagi di saat pandemi covid-19 dimana terbatasnya ruang dan waktu serta adanya kebijakan pemerintah untuk memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sangat diperlukan sebuah inovasi untuk dapat memfasilitasi layanan Bimbingan dan Konseling bagi peserta didik. Untuk mencapai perkembangan yang optimal, peserta didik tentunya membutuhkan berbagai peran dari pihak sekolah, termasuk guru bimbingan dan konseling (BK). Dalam layanan bimbingan dan konseling peneliti membuat inovasi layanan yang diberikan nama aplikasi Hallo BK. Di dalam aplikasi ini berisikan mengenai menĂº-menu yang telah di sesuaikan dengan tugas dan fungsi guru BK, serta berbagai layanan Bimbingan dan Konseling yang tetap menjunjung tinggi asas Bimnbingan dan Konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara mengukur tingkat kepuasan peserta didik serta telaah dari berbagai bidang seperti Tim manajemen sekolah, guru mata pelajaran, guru Bimbingan dan Konseling, orangtua peserta didik, serta peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data tingkat kepuasan peserta didik yakni bagi kelas XII tingkat kepuasan Layanan BK Mencapai 97,2%, peserta didik kelas XI mencapai angka 95,7%, dan bagi peserta didik kelas X tingkat kepuasan mencapai angka 98,4%. Sehingga dapat disimpulkan jika layanan bimbingan dan konseling menggunakan aplikasi Hallo BK sangat lah efektif dan pengguna sebagian besar merasa puas terhadap layanan yang diberikan.