EFEKTIVITAS MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX SMP NEGERI 18 KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP negeri 18 Kota  Tangerang Selatan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama ini yaitu guru menerangkan materi pelajaran dan siswa hanya mendengarkan sambil mencatat. Pada ulangan harian kelas IX.1 pelajaran  IPS. Melihat hasil belajar siswa yang masih rendah maka perlu adanya penggunaan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 18 Kota Tangerang  Selatan  dengan menggunakan  model pembelajaran Quantum Teaching. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 SMP  Negeri 18  Kota Tangerang Selaran 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua  siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu metode tes (dengan pilihan ganda) dan metode non tes (observasi dan dokumentasi). Hasil penelitian ini diperoleh presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik (77%) dan pada siklus II meningkat dengan kategori baik (84%). Rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I adalah 73,89 atau 49% dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,57 atau 91%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai dengan akhir siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching ini memberikan dampak positif, karena dapat meningkatkan hasil belajar IPS.