PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI MA USB FILIAL BATAM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Ekonomi  serta meningkatkan aktivitas belajar dan psikomotorik pada siswa MA USB FIIAL MAN  Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Siklus 1 menjelaskan sub konsep  tentang ilmu ekonomi sedangkan pada siklus 2 menjelaskan sumber daya yang ada melalui pilihan – pilihan kegiatan produksi,konsumsi dan distribusi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan peningkatkan minat, perhatian serta motivasi belajar siswa kelas XI MA USB FILIAL BATAM pada mata Pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model yang bervariasi, menggunakan alat peraga dan memeberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Sehingga penggunaan model pembelajaran kooperatif pantas dipertimbangkan untuk digunakan guru khusus di XI MA USB FILIAL Batam Kota pada mata pelajaran EKONOMI model pembelajaran kooperatif memeberikan dampak yang positif terhadap peningkatan minat, perhatian serta motivasi belajar siswa.