PENINGKATAN SIKAP JUJUR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 MAN 3 BOYOLALI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kejujuran serta hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan scaffolding. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksakan di kelas X IPS 2 MAN 3 Boyolali pada semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian 28 peserta didik. Instrumen penelitian terdiri atas perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Scaffolding dapat meningkatkan kejujuran dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I nilai kejujuran peserta didik mencapai 60%, dan siklus II meningkat menjadi 73%. Aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran siklus I dan II mengalami peningkatan, dari 65,7% menjadi 74,7,33%. Selanjutnya, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas sebesar 46,43% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,57%.