OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMANFAATAN PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IX

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas hendaknya memperhatikan beberapa aspek tidak hanya aspek kognitif dan afektif saja tetapi aspek psikomotorik juga perlu diperhatikan contohnya kreativitas siswa juga perlu diperhatikan. Apabila kreatifitas peserta didik dikembangkan sejak awal akan mampu membentuk kebiasaan cara berfikirnya yang sangat bermanfaat bagi peserta didik itu sendiri di kemudian hari.Dalam proses pembelajaran di kelas IX C SMP Negeri 1 Pogalan Kabupaten trenggalek belum semua siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Permasalahan ini dapat terlihat pada saat guru menyampaikan pelajaran siswa cenderung pasif, diam dan kurang inisiatif. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kreativitas siswa. karena pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga sebagian besar siswa masih pasif dan pembelajaran berpusat pada guru(guru centris). Upaya yang diharapkan dapat membangkitkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran IPS adalah menerapkan metode Peta Pikiran, yaitu dengan membelajarkan siswa cara mencatat yang baik yaitu melalui model pembelajaran Mind Mapping. Penerapan pembelajaran ini menekankan keaktifan dan kemandirian siswa, baik secara fisik amupun mental, siswa diberi kesempatan untuk belajar berfikir, menghafal, menghayati, bekerjasama, berinteraksi, kreatif, dan terampil.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 1 Pogalan,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IX berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli dan September 2018. Hasil penelitian mampu meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa dalam pemelajaran. Hal ini tampak dari rata-rata hasil penilaian kreativitas siswa dengan kategori kreatif dan sangat kreatif mengalami peningkatan dari 57 % pada siklus 1 menjadi 67% pada siklus 2, berarti terjadi peningkatan sebesar 10%. Berdasarkan indikator keberhasilan, penelitian kreativitas siswa telah berhasil karena mencapai 67%. Sedangkan untukĀ  aktivitas siswa dalm kegiatan diskusi terlihat dari rata-rata hasil penilaian aktivitas siswa siklus 2 meningkat dibanding siklus 1 yaitu 25% aktif dan 75% kurang aktif mejadi 46% untuk siswa yang aktif dan 54% kurang aktif. Sedangkan pendapat siswa tentang pembelajaran ini 82,87% setuju apabila dalam pembelajarn geografi menggunakan peta pikiran.