ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI KELAS XII IPS-1 DI SMA NEGERI 1 CANDIROTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kesulitan belajar siswa pada materi persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sulit dalam menentukan akun dan sulit menentukan jumlah nominal dari akun yang dimaksud. Faktor-faktor yang menyebabkankesulitan dalam belajar antara lai : terganggunya kesehatan siswa ketika belajar, motivasi belajar yang rendah, minat belajar siswa terhadap pembelajaran akuntansi tergolong rendah, sikap yang ditunjukkan siswa ketika belajar masih kurang baik, cara mengajar guru dianggap kurang menyenangkan, sumber belajar (buku pelajaran) minim. Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan memotivasi siswa, berupaya untuk menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran yang dipelajari, memberikan evaluasi pada setiap pembelajaran, mengadakan remedial, dan menyuruh siswa agar lebih rajin dalam membaca dan mengulang kembali materi dirumah.