DINAMIKA GEJALA KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PROSES BELAJAR ONLINE FAKTOR FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DAN IMPLIKASINYA PADA LAYANAN BIMBINGAN KELUARGA
Abstract
Proses belajar mengajar yang dilakukan pada masa pandemic covid 19 sangat berbeda dengan proses belajar pada umumnya. Proses belajar yang dilakukan di rumah secara daring/online tidak menghadirkan sosok guru secara nyata sehingga dimungkinkan siswa hanya sekedar menerima infomasi pelajaran semata. Kegiatan menerima informasi pelajaran semata seringkali menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajan cenderung satu arah saja, sehingga diperlukan bimbingan dari orang tua dan atau keluarga untuk dapat mengetahui lebih dalam gejala kejenuhan tersebut beserta faktor yang melatarbekanginya sehingga orang tua/ keluarga mampu mencari formula yang tepat sebagai sarana pendampingan terhadap siswa yang sedang melakukan proses belajae online/daring dari rumah dengan memberikan layanan bimbingan akademik terhadap siswa. Sehingga meskipun siswa belajar dari rumah para siswa tetap dapat merawat semangat belajar dengan baik dan dapat menghadirkan suasana belajar yang kondusif di rumah sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara optimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode survey. Data penelitian diperoleh secara online melalui google form. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 307 orang terdiri dari 150 siswa laki-laki dan 157 siswa perempuan. Hasil dari penelitiian menunjukkan bahwa kejenuhan belajar , faktor yang melatarbelakangi berada pada empat indikator yaitu :semangat belajar, emosi belajar dan menurunnya keyakinan akademik dengan prosentae yang amat tinggi pada kategori ya dan tidak. Tentu perlu solusi untuk mengatasi kejenuhan belajar ini supaya proses belajar online tetap dapat dilakukan dengan baik dan optimal.