USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT RECAP PADA PESERTA DIDIK PADA KELAS IXA MTs NEGERI 6 SLEMAN
Abstract
Artikel PTK ini membahas tentang efektivitas penerapan strategi pembelajaran Student Recap dalam meningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran student recap pada kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman, (2) Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran student recap pada kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman, (3) Apakah penerapan strategi pembelajaran student recap efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman yang berjumlah 98 peserta didik terdiri atas kelas IX1 sampai dengan kelas IX3 . Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX3 sebagai kelas control kelas sedangkan IX1 sebagai kelas eksperimen.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik, berupa pretest dan posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada kelas kontrol yakni nilai rata-rata pretest adalah 60,93 dan nilai rata-rata posttest adalah 65,60 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pretest adalah 57,59 dan nilai rata- rata posttest adalah 76,53 kelompok. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh niai thitung sebesar 3,96 yang lebih besar dari pada ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel) dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak karena thitung> ttabel atau 3,96 > 2,00. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran Student Recap efektif dalam meningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman.