STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, KOLABORATIF, KOMUNIKATIF DI SMA NEGERI 1 ULUJAMI DI MASA PANDEMI COVID 19

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 telah berdampak tajam terhadap tatanan aspek kehidupan di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sektor  kesehatan, ekonomi, sosial, dan pendidikan adalah sektor yang paling nyata terdampak. Sektor pendidikan misalnya, akibat menyebarnya wabah pandemi maka seluruh aktivitas pembelajaran di sekolah dihentikan, dan dialihkan dengan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) dengan Moda Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Di tengah kondisi ketidaksiapan dalam banyak hal, seluruh sekolah di Indonesia harus melaksanakan PJJ demi tetap memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik. Meskipun dalam kondisi yang serba tidak siap dari sisi sarana prasarana untuk melaksanakan PJJ di awal masa darurat pandemi, seluruh elemen pendidikan -guru, tenaga kependidikan, dan kepala sekolah, bersama-sama pemerintah daerah berupaya menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh yang memperhatikan ketuntasan minimal pembelajaran sambil berupaya mengatasi tantangan dalam implementasi pembelajaran yang sangat beragam. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah best practice Demikian pula SMA Negeri 1 Ulujami dengan minimnya infrastruktur daring dan sebagian besar peserta didik dari  keluarga yang tidak mampu namun demikian, Guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Ulujami selalu berusaha melakukan inovasi pemanfaatan sumber pembelajaran sampai dengan bagaimana melaksanakan penilaian (assessment) selama PJJ. Agar mutu pembelajaran dan penilaian tetap terjamin walaupun dalam kondisi keterbatasan, maka Penulis selaku Kepala Sekolah mencoba memaparkan Strategi Pembelajaran Untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif, Komunikatif Di SMA Negeri 1 Ulujami  Di Masa Pandemi Corona Virus Disease – 19 (Covid 19).