PEMBELAJARAN DARING BERVARIASI DI MASA COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK SMPN 4 MATARAM

Abstract

Best Practice disusunĀ  dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Daring Mapel Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 4 Mataram selama masa pandemi Covid-19. Praktik terbaik dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu bulan Juli sampai Desember 2020. KTI ini menggambarkan tentang peningkatan keaktifan peserta didik selama mengikuti pembelajaran Daring yang bervariasi. Media pembelajaran yang digunakan antara lain; Zoom Meeting, Google Meet, Power Point, Video, Pixton dan lain sebagainya. Data menggunakan Dokumentasi yang terdiri dari Respon berupa pengumpulan tugas-tugas peserta didik, Absensi dan Cheklist Variabel kegiatan. Subyek penelitian kelas VIII.1-VIII.8, 177 orang. Kesimpulan: keaktifan peserta didik meningkat mulai pembelajaran Bab 1 sampai dengan Bab 7 sebesar 57,56 % yaitu 102 orang aktif dalam merespon tugas-tugas dan 58,40% yaitu 103 orang aktif mengabsen. Rata-rata 103 orang aktif, 74 orang tidak aktif.