KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DAN PENULISAN UNSUR SERAPAN PADA TEKS CERITA PENDEK KARYA SISWA KELAS IX DI MTS NEGERI 3 SRAGEN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan tanda baca dan unsur serapan pada teks cerpen karya siswa kelas IX MTs Negeri 3 Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, data yang diamati yaitu berupa teks cerita pendek karya siswa kelas IX di MTs Negeri 3 Sragen. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada teks cerita pendek karya siswa kelas IX di MTs Negeri 3 Sragen, (2) Mendeskripsikan kesalahan penulisan unsur serapan pada teks cerita pendek karya siswa kelas IX di MTs Negeri 3 Sragen. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan penggunaan tanda baca dan penulisan unsur serapan yang diambil dari teks cerpen karya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan  yaitu dengan metode simak dan catat. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan metode agih, ganti, dan baca markah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan masih terdapat beberapa kesalahan di antaranya: kesalahan penggunaan tanda koma, tanda titik, tanda petik, tanda seru, tanda tanya, tanda hubung, tanda kurung, tanda elipsis, tanda titik dua, kesalahan penulisan unsur serapan berbahasa Inggris, dan unsur serapan berbahasa Arab.