LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PENGEMBANGAN SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SMP

Abstract

Untuk membangkitkan minat belajar dan peningkatan keterampilan proses peserta didik salah satunya dengan memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan atau dirancang sendiri oleh guru. Pengembangan atau perancangan LKPD tersebut dapat dibuat berdasarkan kondisi sekolah dan lingkungan. Literature review ini bertujuan untuk menganalisa beberapa artikel terhadap peningkatan keterampilan proses peserta didik dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan atau dirancang sendiri oleh guru dan memberikan kontribusi keilmuan di masa mendatang tentang teknik pengembangan LKPD.  Desain yang digunakan adalah literature review, dengan langkah awal formulasi masalah dilanjutkan dengan pencarian literatur, evaluasi data dan menganalisis literatur. Sehingga didapatkan 8 artikel sampel yang terbit pada rentang waktu bulan Januari 2019 sampai dengan Desember 2020. Dari 8 artikel yang direview tampak persamaan pada tujuan penelitian dan hasil yang dicapai. Perbedaan hanya tampak pada metode  dan teknik yang digunakan serta keragaman metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajarannya. Pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dan  model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) banyak digunakan dalam penelitian pengembangan LKPD. Pemilihan  metode pembelajaran dalam kegiatan pembelajarannya  juga sangat mendukung hasil yang dicapai, LKPD yang dikembangkan benar-benar membangkitkan minat belajar peserta didik serta meningkatkan keterampilan proses peserta didiknya. Secara umum semua artikel penelitian pengembangan LKPD yang direview adalah dalam katagori sangat baik, tergolong layak dan valid serta  dapat menjadi bahan acuan bagi guru yang ingin melakukan pengembangan LKPD guna meningkatkan aktifitas dan keterampilan proses peserta didik.