UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 3 BANGUNTAPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IX C SMP Negeri 3 Banguntapan ditempuh dengan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Ada empat langkah dalam setiap siklus yaitu Planning, Acting, Observing, dan Reflekting. Tehnik pengambilan data menggunakan studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Data aktivitas peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh melalui tes. Tehnik analisa data menggunakan teknik deskriptif kuantatif. Indikator keberhasilan jika 75% peserta didik telah menunjukkan aktivitas dan memperoleh nilai ? 75 dari hasil penilaian harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan hasil ketuntasan belajar IPS pada pra siklus sebesar 36,67%, dan meningkat pada siklus 1 sebesar 53,25%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 93%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar belajar IPS peserta didik sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu KKM ? 75. Dengan demikian model Pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik. (2) Penerapan dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS dari 68,47% di siklus 1 dan siklus 2 meningkat menjadi 78,91%. (2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dari 53,25% di siklus 1 dan siklus 2 menjadi 93% peserta didik yang mencapai KKM yang ditentukan sebesar yaitu sebesar ?75%.