MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TURNAMENT ) PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS VIII/D MTs NEGERI SELATBARU TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tasanwiyah Negeri Selatbaru ,masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dan masih banyak siswa yang memiliki nilai di babawah KKM oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasilbelajar siswa tersebut,yaitu melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games Turnament). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII/d MTs.Negeri SelatbaruTahun pelajaran 2015/2016 melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Turnament). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII /D MTs.Negeri Selatbaru dengan jumlah 17 siswa,seorang guru IPS dan seorang guru pengamat/Observer.Data yang di kumpul kan meliputi hasil belajar siswa,hasil observer guru,hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK ) yang di laksankan dalam dua siklus ,tiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamatan (observer) dan refleksi. Pada penelitian ini di katakan berhasil apabila siswa aktif dalam kegiatan belajarmengajar dan sekurang kurangnya 85 % siswamendapatkan nilai diatas KKM (75). Hasil penelitian pada siklus Ini menunjukan rata rata hasil belajar siswa 77,94 % dan ketuntasan belajar mencapai 70,58 % .Dan pada siklus ke II rata rata hasil belajar siswa adalah 89 % dan ketuntasan belajar siswa tercapai 88,23 %. Dari data tersebut diatas jelas menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indicator keberhasilan belum tercapai ,sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai yang diharapkan ,berarti indicator keberhasilan sudah tercapai.