UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP UNTUK MEMBEKALI KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL ) SEJAK DINI PADA PESERTA DIDIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai entrepreneurship kepada peserta didik di era globalisasi ini, melalui studi literatur. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan cara dokumentasi, yaitu mengumpulkan berbagai macam sumber literatur yang terkait dengan topik penelitian.  Selanjutnya berbagai macam sumber literatur yang terkumpul di review, dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif secara rinci dan mendalam, kemudian disimpulkan. Gaung globalisasi menyebabkan tingginya persaingan antar individu dalam segala bidang, memaksa agar para peserta didik dibekali dengan kecakapan hidup ( life skill ) melalui penanaman nilai-nilai entrepreneurship sehingga mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih baik ke depannya setelah lulus dari sekolah. Mereka harus mampu mengubah pola pikir “setelah lulus mencari kerja, menjadi setelah lulus meciptakan lapangan pekerjaan”. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai peran yang sangat strategis dalam mewujudkan tujuan tersebut. Penanaman nilai-nilai entrepreneurship di sekolah dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain melalui proses pembelajaran dan pemanfaatan Koperasi sekolah. Melalui peran koperasi sekolah, peserta didik dilatih untuk belajar berwirausaha, sehingga diharapkan memiliki kemandirian yang tinggi. Selain itu, sekolah juga dapat membiasakan menanamkan nilai-nilai entrepreneurship kepada peserta didik melalui budaya sekolah yang disepakati bersama.