PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 5 KLATEN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih dalam pembelajaran jarak jauh (daring) dengan  memanfaatkan aplikasi  e-learning  sebagai media pembelajaran  mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 5 Klaten .Dampak dari pandemi Covid  19 dalam dunia  pendidikan menyebabkan aktifitas belajar dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Tidak bertemunya pendidik dengan anak didik dalam proses pembelajaran tentu saja akan berpengaruh terhadap hasil belajar  karena  peserta didik kurang semangat,pasif dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran.Hal itu mengakibatkan hasil belajar peserta didik sangat rendah dan  pendidik juga  kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran .Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang efektif  dan efisien. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri 5 Klaten  sebanyak 24 siswa.  Tehnik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Analisis data dengan tehnik diskriptif kuantitatif.Dari hasil analisis data sebelum tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 50,42. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,41. Kemudian di akhir siklus II rata - rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 89,58.Kesimpulan pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajarn jarak jauh di MTs Negeri 5 Klaten  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.