PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode literatur review yaitu mencari referensi teori yang relefan dengan kasus atau permasalahan dengan cara menelusuri sumber-sumber tulisan yang pernah dibuat sebelumnya. Teknik analisis data sekunder menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, berupa data hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi yaitu melacak sumber tertulis yang berisi berbagai tema dan topik yang dibahas. Sumber data berasal dari buku, artikel jurnal online, internet, seminar, hasil penelitian, dan data yang berkaitan dengan materi penelitian. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis data keterkaitan antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kimia.