EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA KONDISI WFH/WFO DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN REBAN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya implementasi moda pembelajaran daring di saat pemberlakuan Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Reban. Opini yang berkembang di masyarakat menyatakan bahwa pembelajaran daring kurang efektif,karena pembelajaran daring sebelum pandemi global hanya diterapkan sebagai pendukung pembelajaran untuk pemberian tugas dan portofolio bagi peserta didik namun kondisi saat ini cenderung dipaksakan tanpa persiapan infrastruktur yang memadai menggantikan pembelajaran tatap muka. Oleh karena itu peneliti mempunyai keinginan yang kuat untuk menguji tingkat efektivitas pembelajaran dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain studi kasus. Adapun pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Angket disebarkan kepada 63 orang guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Reban. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan berpedoman pada 7 indikator yang diteliti menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran pada kisaran 67%.