MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA DENGAN METODE AURAL ORAL APPROACH

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII C MTsN 2 Purwakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII C MTsN 2 Purwakarta dengan menggunakan metode Aural Oral Approach, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan tindakan kelas. Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan metode AOA, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus menggunakan dua kali pertemuan. Penelitian ini diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode AOA/Audio-lingual, skor perbandingan untuk pre-test dan post-test meningkat secara signifikan. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai perbandingan siswa yang memiliki KKM khusus vokal mengalami peningkatan 51,94%, konsonan 42,59%, intonasi 43,98%, pantun dan kata-kata penekanan 37,40%, dan kefasihan 42,59 %.