PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MELAUI PENERAPAN KOMBINASI METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PENUGASAN TERSTRUKTUR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas X IPA 3 MAN 2 Sragen dalam memahami materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan Tata Nama Senyawa melalui penerapan Kombinasi Metode Diskusi Kelompok dan Penugasan Terstruktur. Hasil penelitian ini mendiskripsikan proses dan hasil penerapan Kombinasi Metode Diskusi dan Penugasan Terstruktur.  Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan Kombinasi Metode Diskusi dan Penugasan Terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar  peserta didik kelas X IPA 3  MAN 2 Sragen dalam materi Reaksi Reduksi oksidai dan Tata nama Senyawa. Secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I sebesar 69,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65% ke siklus II sebesar 77,50  dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan pemahaman   peserta didik terhadap materi Reaksi Reduksi oksidasi dan Tata nama Senyawa sebesar  22,5%. Secara kualitatif kemampuan  peserta didik dalam memahami materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan tata nama Senyawa meningkat dari kualifikasi sedang ke tinggi. Dengan demikian, Penerapan Kombinasi Metode Diskusi Kelompok dan Penugasan Terstruktur  dapat meningkatkan pemahaman  peserta didik terhadap memahami materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan Tata nama Senyawa peserta didik kelas X IPA 3 MAN 2 Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018