UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI MELALUI PENERAPAN E – LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGANJUK
Abstract
Penyebab utama rendahnya nilai Bahasa Indonesia dari faktor guru adalah kurang variasinya metode yang digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa mengalami hambatan dalam memahami materi pelajaran.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Untuk mendeskrisikan kemampuan menulis teks hasil observasi pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk melalui E-Learning; dan (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk setelah adanya pembelajaran dengan E-Learning. E-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone (Learn Frame.Com, 2011).Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa: (1) Melalui penerapan E - Learning, maka kemampuan menulis teks hasil observasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk dapat meningkat dari sebelumnya.; (2) Peningkatan kemampuan menulis teks hasil observasi sampai pada siklus II dapat dilaporkan bahwa: (1) Nilai rata-rata kelas mencapai 81,56; (2) Persentase keberhasilan siswa mencapai 93,75%; (3) Persentase keberhasilan aktivitas siswa mencapai 93,3% ; dan (3) E-Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk