UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI MELALUI PENERAPAN E – LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGANJUK

Abstract

Penyebab  utama rendahnya nilai Bahasa Indonesia dari faktor guru  adalah kurang variasinya metode yang digunakan  dalam pembelajaran sehingga siswa mengalami hambatan dalam memahami materi pelajaran.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Untuk mendeskrisikan kemampuan menulis teks hasil observasi  pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk melalui E-Learning; dan (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk setelah adanya pembelajaran dengan E-Learning. E-Learning adalah  sistem  pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung   belajar mengajar dengan media  internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone (Learn Frame.Com, 2011).Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa: (1) Melalui penerapan E - Learning,  maka kemampuan  menulis teks hasil observasi pada Siswa Kelas  VII SMP Negeri 1 Nganjuk  dapat meningkat dari sebelumnya.; (2) Peningkatan kemampuan  menulis teks hasil observasi  sampai pada siklus II dapat dilaporkan bahwa: (1) Nilai rata-rata kelas mencapai 81,56; (2) Persentase keberhasilan siswa mencapai 93,75%; (3) Persentase keberhasilan aktivitas siswa mencapai 93,3% ; dan (3) E-Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nganjuk