IMPLEMENTASI EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar dalam memahami isi teks bahasa Inggris siswa XII IPA 1 SMAN 1 Purwanegara semester l tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran Examples Non Examples telah meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dari hasil observasi siswa dengan kategori tinggi disiklus I sejumlah 13 siswa (62%) dan meningkat lagi di siklus II menjadi 18 siswa (85,7%). Hal ini berdampak pula pada prestasi belajar siswa juga meningkat, disiklus I nilai rata-rata 72,7 dengan ketuntasan belajar 57,2% dan disiklus II mencapai nilai rata-rata 80,7 sehingga memenuhi ketuntasan belajar klasikal 80,9%. Dengan demikian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar dalam memahami isi teks bahasa Inggris siswa XII IPA 1 SMAN 1 Purwanegara semester 1 tahun pelajaran 2018/2019.