PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS SEDERHANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi peningkatan hasil belajar siswa pada materi teks Prosedur kelas IX di MTs Negeri 3 Kayong Utara setelah menerapkan metode pembelajaran  Eksperimen  sains sederhana yang merupakan pengembangan dari  model pembelajaran Demonstrasi pada pembelajaran bahasa Inggris. Metode Eksperimen sains sederhana ini diterapkan selain untuk meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mengintegrasikan antara pembelajaran bahasa Inggris dengan sains. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk : (1) Tes, (2) Observasi, (3) angket. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dilihat dari perbandingan hasil tes antar siklus. Penerapan metode Eksperimen sains sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Procedure text atau teks Prosedur. Hasil pelaksanaan siklus I dengan menerapkan metode ceramah diperoleh tingkat ketuntasan 44,5% sedangkan pelaksanaan siklus II dengan menerapkan metode Eksperimen sains sederhana diperoleh ketuntasan klasikal 88,9%. Aktifitas pembelajaran dengan menggunakan metode Eksperimen sains sederhana berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks Prosedur. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif.