PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI CAPTION MENGGUNAKAN MEDIA INSTAGRAM SISWA KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Instagram. Penelitian ini menggunakan subyek siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Dawarblandong, Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran  2020/2021 dan obyek dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 (dua) siklus yang setiap siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah  tes dan observasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada siklus pertama didapatkan hasil rata – rata motivasi belajar siswa baru mencapai 67%, sedangkan hasil belajar siswa  baru 74% siswa yang  tuntas belajar. Pada siklus kedua hasil rata-rata motivasi belajar siswa meningkat hingga 82%, sedangkan hasil belajar siswa 100% telah mencapai ?67. Dengan demikian penggunaan Instagram dalam materi Caption pada pembelajaran Bahasa Inggris bisa meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPA 4 SMAN 1 Dawarblandong tahun pelajaran 2020/2021