PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI.IPS.2 SMAN 4 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi pada pokok bahasan menulis naskah drama melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi yang berjumlah 29 orang siswa. Data hasil observasi dan tanggapan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan hasil tes siswa mengalami peningkatan prestasi belajar setelah diberikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). pokok bahasan menulis naskah drama, siswa kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)yang ditandai dengan tercapai ketuntasan belajar secara individu dan kelompok, yakni pada siklus I sebanyak 4 orang atau 13,8% dan pada siklus II 29 orang atau 100%. Hasil tersebut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi.