IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN READING AND WRITING BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XII.IPA.2 SMAN 6 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris, terutama keterampilan reading dan writing kelas XII.IPA.2 SMAN 6 Kota Jambi yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan melakukan 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa instrumen yaitu lembar observasi, catatan lapangan, kuisioner dan penilaian akhir siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa keterampilan reading dan writing diperoleh nilai dari tindakan dalam siklus menunjukkan bahwa secara umum terjadi kenaikan dari siklus I ke siklus II. Nilai tertinggi naik dari 85 menjadi 90. Nilai terendah naik dari 65 menjadi 70. Nilai rata-rata kelas naik dari 76,5% menjadi 80,4%. Presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II telah memenuhi ketuntasan klasikal minimal 75% dengan KKM 75 yang merupakan salah satu kriteria keberhasilan PTK dan terjadi kenaikan dari 80,63% menjadi 81%.