PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS IX A SMP NEGERI 1 POGALAN

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu mendapat perhatian yang serius dalam pembelajaran di sekolah. Dengan kemampuan menulis, siswa dapat mengembangkan dan menuangkan gagasan serta pengalamannya dalam berbagai macam bentuk teks. Salah satu teks tersebut adalah teks prosedur. Dalam menulis teks prosedur, diperlukan adanya suatu bentuk ekspresi gagasan yang berkesinambungan dan mempunyai urutan kronologis. Berdasarkan hasil tugas dan tes menulis teks prosedur diketahui bahwa kemampuan siswa masih rendah sehingga diperlukan suatu metode yaitu menggunakan metode demonstrasi dengan media asli di sekitar kelas dan benda model yang memudahkan siswa dalam mendemostrasikannya. Metode ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur secara lisan dan tertulis, pendek dan sederhana berbentuk resep dan manual dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan kontek. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A semester 1 tahun pelajaran 2018-2019 SMP Negeri 1 Pogalan yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar yang meningkat dari setiap siklus. Diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Pogalan sebelum siklus 55, siklus I 79,16 dan siklus II 85,28. Sedangkan ketuntasan belajar sebelum siklus 47,06% , siklus I 78,12% dan siklus II ada kenaikan yang sangat signifikan yaitu 96,88%. Hal ini menandakan keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX A Semester 1 tahun pelajaran 2018-2019 SMP Negeri 1 Pogalan.