UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 70 JAKARTA

Abstract

Tujuan penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Inquiry  diharapkan peserta didik mampu meningkatkan prestasi belajar matematika terhadap materi Bangun Ruang Sisi Lengkung  melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri atas  tindakan siklus I, siklus II dan  siklus III. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan data hasil observasi, tindakan siklus I,siklus II  dan siklus  III serta data pendukung lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh data telah terjadi peubahan tingkat prestasi peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari perubahan hasil nilai rata-rata kelas dari 60,4  pada siklus 1 hampir sama   yaitu 63,1 dengan  ketuntasan  14,3% pada siklus II  rata –rata  hasil belajar menjadi 72,7 dengan ketuntasan 62,5% sedangkan pada siklus III  jumlah  ketuntasan naik  menjadi 87,5 % dengan rata-rata hasil belajar 83,4 . Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan  pembelajaran Inquiry  mampu meningkatkan prestasi belajar  peserta didik terhadap materi Bangun  Ruang Sisi Lengkung pada mata pelajaran Matematika  di kelas IX  SMP N . 70  semester genap  tahun pelajaran 2019-2020