UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 70 JAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Inquiry diharapkan peserta didik mampu meningkatkan prestasi belajar matematika terhadap materi Bangun Ruang Sisi Lengkung melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tindakan siklus I, siklus II dan siklus III. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan data hasil observasi, tindakan siklus I,siklus II dan siklus III serta data pendukung lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh data telah terjadi peubahan tingkat prestasi peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari perubahan hasil nilai rata-rata kelas dari 60,4 pada siklus 1 hampir sama yaitu 63,1 dengan ketuntasan 14,3% pada siklus II rata –rata hasil belajar menjadi 72,7 dengan ketuntasan 62,5% sedangkan pada siklus III jumlah ketuntasan naik menjadi 87,5 % dengan rata-rata hasil belajar 83,4 . Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Inquiry mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik terhadap materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada mata pelajaran Matematika di kelas IX SMP N . 70 semester genap tahun pelajaran 2019-2020